December 1, 2020
ian@unima.ac.id

Visi :

Pada Tahun 2022 Program Studi Ilmu Administrasi Negara menjadi Program Studi yang unggul dan kompetitif dalam bidang Ilmu Admnistrasi Negara/Pubik (administrasi pemerintahan, kebijakan publik, organisasi public dan manajemen pelayanan publik)

Misi :

Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Unima mengemban misi utama untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan meningkatkan martabat bangsa dengan:

  1. Menyiapkan penyelenggraan pendidikan tinggi yang berbasis kompetensi
  2. Menjalin kemitraan dan melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam skala lokal, regional dan nasional melalui pengembangan kerjasama dengan lembaga-lembaga lokal, regional dan nasional.
  3. Menjadikan Program Studi Ilmu Administrasi Negara sebagai pusat unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan, melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai profesionalisme Ilmu Ilmu Administrasi Negara.
  4. Mengembangkan pengelolan prodi secara transparan berbasis IT.
  5. Membangun sumber daya manusia yang memiliki karakter ilmiah yang menjunjung tinggi nilai religi dan nilai-nilai budaya baik pada tingkat lokal, regional, nasional maupun global.

 Tujuan PS – IAN

  1. Menyiapkan sumber daya manusia bermutu, berwawasan IPTEKS yang tinggi, memiliki keahlian professional di bidang Ilmu Ilmu Administrasi Negara dan mampu mengaplikasikannya bagi akselerasi pembangunan dalam rangka otonomi daerah dan menunjang pembangunan nasional memasuki globalisasi dan pasar bebas.
  2. Menyiapkan tenaga birokrat, teknokrat ahli dan professional di bidang Ilmu Ilmu Administrasi Negara, mengenal daerah dan mampu menganalisis berbagai isu pembangunan lokal, regional dan nasional, berwawasan global
  3. Menyiapkan calon pemimpin, birokrat, pejabat public di berbagai organisasi pemerintahan dan organisasi publik yang mampu menggali berbagai potensi daerah dan memanfaatkannya bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat sebagai daerah otonom dalam kerangka pembangunan nasional.
  4. Membantu pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota menyukseskan otonomi daerah dalam kerangka pembangunan nasional berwawasan global memasuki pasar bebas.
  5. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki keunggulan bersaing dengan komitmen yang tinggi terhadap kelembagaan, professional, kritis, terutama yang berkaitan dengan hubungan antara Negara dengan masyarakat.